Friday, August 27, 2010

5 AMAZING "S" untuk menjadi pribadi mengagumkan

Kagum… Salut terkadang muncul dihati kita bila bertemu dengan seseorang dengan pribadi yang sungguh menawan… Mampu disenangi banyak orang dan karisma nya terpancar sebagai figur yang mengagumkan
Berbeda dengan orang yang sungguh kasian sering diacuhkan keberadaannya, bahkan dibenci.. Naudzubillah
Hmm.. Lets evaluate ours..
I called it AMAZING “5 S” untuk menjadikan kita pribadi yang mengagumkan

S yang pertama yaitu SENYUM.
Tak semua orang pandai tersenyum, senyum tulus tentu berbeda dan memberi dampak yang positvie. Berbeda dengan dampak yang dihasilkan oleh senyum sinis yang terkadang menunjukkan keangkuhan dan merendahkan orang lain,Lalu senyum penggoda, sebuah senyum yang disunggingkan untuk menggoda dan merayu orang lain alias senyum jablay..
Ayoo tersenyum dengan senyuman Tulus seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Beliau selalu hadir dengan wajah penuh senyum, wajah yang cerah di hadapan siapa saja. Senyuman mendatangkan banyak sahabat begitu kata pepatah.
Manfaat Senyuma.
a) Dari segi penampilan, senyum bisa menambah daya tarik tersendiri, walaupun seorang nenek yang sudah keriput dan renta, ompong, tapi kalau tersenyum pasti terihat manis sekali.
b) Dari segi kesehatan, orang yang murah senyum akan jauh dari stres, jantungnya akan berdetak normal, peredaran darahnya akan mengalir dengan baik. Sebab senyum mendorong hati menjadi ceria sehingga menguatkan dan menyehatkan tubuh serta membuat kita awet muda.
c) Dari segi hubungan sosial, orang yang murah senyum tentunya lebih disenangi and dinantikan kegadirannya karena bisa memberi keceriaan, bahkan mampu menambah semangat dibandingkan orang yang dalam pergaulannya selalu manyun.
So marilah kita latih diri kita untuk selalu tersenyum dengan tulus. Insya Allah kalau kita tersenyum dengan proposional baik saat berbicara dengan orang tua dan anak-anak maka akan membuat suasana terasa lebih indah. Selain membuat kita merasa bahagia, orang lain pun akan merasa tertarik dengan kemuliaan sikap kita. Oleh karena itu, hadapilah perjalanan hidup kita ini dengan senyuman yang tulus dari hati.
S yang kedua adalah SALAM.
Salam dalam islam (untuk teman teman muslim) mengandung makna yang dalam, selain merupakan doa yang tulus dari seorang muslim kepada muslim lainnya, salam oleh sebagian ulama diartikan dengan, “semoga engkau dalam penjagaan Allah”. Jadi, kita sebagai umat muslim hendaknya apabila bertemu atau bergaul utamakan salam terlebih dahulu, selain kita mendapatkan pahala juga akan terjamin keislamannya, kita insya Allah juga tidak akan di dzalimi atau mendzalimi orang lain. Akhirnya lewat salam dapat di bangun ukhuwah yang selain membangun kemuliaan Islam juga membangun kemuliaan umat. Ketika bertemu ucapkanlah salam, demikian pula ketika berpisah. Ucapkanlah salam ketika kita datang kepada orang yang hadir lebih dulu.yang muda mendahului salam kepada yang tua. Begitulah etika-etika salam yang perlu kita perhatikan.
S yang ketiga adalah SAPA.
Dengan menyapa secara hangat, kebekuan akan cair, kita akan menjadi akrab, bahkan akan timbul perasaan tenang, nyaman dan aman. Banyak fakta yang menunjukkan bahwa rasa gengsi sering membuat orang enggan menyapa terlebih dahulu,, akibatnya suasana pun tidak akan menjadi comfort menjadi tidak akrab, juga akan muncul kekakuan dan ketegangan. selainitu,orang kerap ber buruk sangka.kadang kita dicap sombong dan angkuhan. Sulit bila suatu ketika kita perlu bantuan orang lain.
So jadikanlah diri untuk berani menyapa, menunjukkan keramahan dibarengi dengan raut muka yang jernih, salam, lalu disapa dengan perkataan yang lembut, halus, serta sopan, insya allah, suasana kaku akan terpecahkan dan insya Allah akan memperbanyak kawan dan pada akhirnya kita akan mendapat pertolongan dari Allah SWT.
S yang keempat yaitu SOPAN.
pertama-tama, apa yang terasa apabila kita berjumpa dengan orang yang sopan sikapnya, baik itu tutur katanya,. Kita pun segan dibuatnya, setidaknya kita menjadi hormat terhadap orang yang berbuat sopan.
Tapi terkadang kita merasa dongkol, melihat orang yang tidak sopan. Baik sikapnya, tuturkatanya.. dijamin kita tidak akan betah lama lama didekat orang itu, terkecuali bila kita juga termasuk orang yang suka berlaku tidak sopan, apa yang tergambar dari tingkah laku kita baik tutur kata atau sikap, itulah diri kita,
Semakin tinggi nilai sikap kesopanan, makin tinggi derajatnya. Kesopanannya yang muncul dari kemuliaan akhlak merupakan tanda-tanda kedalaman pemahaman agama seseorang.
Pilih sikap terbaik kita, yaitu mampu bertindak dengan penuh kesopanan.
S yang kelima adalah SANTUN.
Penyantun adalah orang yang bisa memaafkan. Ia bisa membalas keburukan dengan kebaikan. Dengan kata lain, orang yang penyantun adalah orang yang mampu menekan ego dirinya untuk mengalah demi kemaslahatan bersama.
Dalam hal ini Rasulullah SAW. telah memberikan contoh mulia, bagaimana beliau berkorban. Sifatnya lebih mendahulukan kepentingan orang lain dibanding kepentingan dirinya sendiri. Kenapa harus takut berkorban untuk kebaikan?? Pengorbanan bukanlah kerugian. Pengorbanan adalah investasi bekal menuju kemuliaan dunia dan akhirat. Banyak teladan dari orang orang yang dimuliakan melalui kepribadiannya yang simpatik dan menawan adalah orang yang berusaha mengutamakan orang lain sepanjang itu semua mengandung kemaslahatan. Begitulah, kini kita sudah mengetahui bahwa nilai kita tidak ditentukan oleh fisik,jabatan ataupun harta kita,tapi itu semua ditentukan oleh nilai kepribadian kita.

Insya ALLAH.. 
*Berbagai sumber and analisa sekitar*

1 comments:

Surya said...

Kita sebagai seorang muslim sudah seharusnya menjaga dan melestarikan '5S'
1.Senyum
2.Salam
3.Sapa
4.Sopan
5.Santun
make be amazing person n jangan lupa kunjungi blog ana yah,,,